Senin, 13 Juni 2016

Cara Manjur Mengobati Cantengan

Cara Manjur Mengobati Cantengan - Kita mesti pernah mengalami situasi dimana kuku di jari kaki ataupun tangan masuk ke dalam daging yang sering disebut orang Jawa dengan istilah cantengan. Cantengan atau kuku masuk ke daging janganlah dianggap enteng. Apabila kita biarkan selain rasa sakit dan tidak nyaman dalam beraktifitas, cantengan bisa mengakibatkan infeksi parah. 
Cantengan biasanya terjadi bila kita memotong kuku kita terlalu dalam. Sehingga ketika tumbuh, kuku tersebut tidak mengikuti jalur yang sebenarnya.

Cara Manjur Mengobati Cantengan

Biasanya kita akan mengalami gejala awal daging di dekat kuku kita cenat cenut. Setelah beberapa hari akan terjadi inflamasi atau bengkak di sekitar kuku. Apabila tidak segera kita obati maka akan bernanah karena sudah terjadi infeksi.

Pengobatan sakit cantengan secara medis biasanya dilakukan dengan operasi kecil dengan mencabut kuku yang masuk ke daging. Penulis pernah mengalami operasi kecil tersebut. Sakitnya luar biasa. Karena sebelum operasi kita akan dibius lokal di sekitar jari kita. penyuntikan bius tersebut dilakukan di sekitar lokasi cantengan. Bayangkan suntikan tersebut mengenai tulang jari kita. Sakitnya luar biasa. Ketika proses pencabutan memang tidak mengalami rasa sakit, karena sudah bebal. Namun ketika obat bius sudah hilang, rasa sakit itu muncul lagi. Biasanya dokter akan memberikan obat pereda rasa sakit.

Nah, bagaimana cara manjur mengobati cantengan tanpa operasi?

Ada sebuah cara manjur yang unik untuk mengobati cantengan. Ketika kita sudah merasakan gejala cantengan maka lakukanlah hal berikut:

  1. Syaratnya untuk menjalani terapi ini, luka cantengan yang kita alami belum keluar nanah. Jadi ketika sudah cenat cenut di daging sekitar kuku kita segera ambil plester luka (handyplast/tensoplast).
  2. Cuci bagian tubuh yang akan diobati hingga bersih. Gunakan alkohol bila ada.
  3. Keringkan jari kaki/tangan yang akan diobati.
  4. Buka plester luka dan tempatkan pada posisi bawah kaki / tangan. Kemudian tempelkan ujung plester tersebut di tempat ada kontak antara daging dan kuku yang masuk.
  5. Setelah ujung plester tersebut menempel sempurna, tarik sekuat mungkin plester tersebut ke bawah hingga melingkari jari kaki atau tangan yang cantengan hingga ujungnya menempel dan melekat di bagian atas jari kaki atau jari tangan.
  6. Prinsip kerjanya adalah plester tersebut merenggangkan antara daging dan kuku yang masuk tersebut.
  7. Diamkan selama 1 - 2 hari. Hasilnya akan lebih maksimal bila hal ini kita lakukan pada malam hari ketika mau tidur. Usahakan juga ketika diplester, jangan banyak berjalan (bila cantengan di kaki) atau tangan anda yang cantengan digunakan mengangkat barang berat. 
  8. Ulangi lagi bila setelah dilepas anda masih merasakan kuku dan daging tersebut belum terpisah.
  9. Biasanya setelah 2 kali terapi ditarik maka cantengan tersebut akan hilang dengan sendirinya.
  10. Ingat, terapi ini dilakukan bila cantengan yang anda derita belum sampai muncul nanah dan bengkak yang akut.
Selain terapi yang saya infokan tadi, masih banyak cara yang betebaran di dunia maya tentang cara penyembuhan cantengan. Ada yang direndam dengan air hangat campur garam, ada yang diolesi bawang merah, ada yang diolesi dengan jahe dan masih banyak lagi cara herbal lainnya. Tapi terapi sederhana inilah yang sudah sering penulis lakukan ketika terjadi cantengan. Oleh karenanya penulis berani merekomendasikan bahwa terapi itu adalah cara manjur mengobati kuku masuk ke daging atau cantengan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar